--> Skip to main content

Perlu Permutakhiran pada pengisian SPT Online. Begini cara Validasi data DjpOnline.

Awal Tahun 2023 berarti kita diwajibkan untuk melaporkan ulang harta kita tahun 2022 kepada Dirjen Pajak melalui pengisian SPT tahunan.


Untuk halaman pengisian SPT secara online bisa melalui halaman https://djponline.pajak.go.id lalu silahkan login menggunakan nomor NPWP yang kita punya dan passwordnya sepertiyang kita pergunakan di tahun sebelumnya atau tahun lalu dan jangan lupa mengisi kode keamanan mengikuti tulisan berwarna biru pada gambar yang berada di samping kiri.

cara login isi spt tahunan online


Jika sudah login, pada data utama akan muncul tampilan data kita lengkap dengan nama dan tanggal lahirnya.


Namun yang baru pada tahun ini adalah munculnya keterangan status validasi data berwarna merah yang bertuliskan Perlu Permutakhiran.

cara validasi data spt online djponline


Perlu kita ketahuin bahwa untuk NPWP kita yang menggunakan format 15 digit akan diganti menggunakan format 16 digit NIK. Informasi ini sudah berlaku sejak Juli 2022, namun karena Juli adalah setelah kita melaporkan yang tahun 2021,makanya baru muncul pemberitahuannya di pelaporan tahun ini.


NPWP format 15 digit ini masih bisa dipakai hingga nanti 31 desember 2023 dan mulai 1 januari 2024 nanti akan berlaku yang format 16 digit NIK.


Caranya untuk validasi NPWP dengan NIK adalah dengan mengisi  kolom NIK/NPWP16 dengan NIK sesuai dengan KTP anda lalu klik Validasi


Apabila setelah di cek data NIK anda Valid dan sesuai dengan nama yang tercantum pada sistem, anda akan menerima pesan Data di temukan dan muncul tanda centang dan tulisan menjadi Valid. Langkah terakhir adalah klik pada tombol ubah profil dan ikuti petunjuk selanjutnya di layar.

cara login isi spt tahunan online


Dan sekarang nomor NPWP anda sudah menggunakan NIK sesuai dengan KTP. Jika ada kendala bisa menghubungi Kring Pajak di nomor 1500200.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar