--> Skip to main content

Mencegah dan mengobati diare pada anak.

Diare pada anak adalah kondisi yang ditandai dengan meningkatnya frekuensi buang air besar (BAB) menjadi 3 kali atau lebih dalam sehari dengan tekstur tinja yang lebih cair. Diare pada anak bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi virus, bakteri, atau parasit, alergi makanan, keracunan makanan, atau efek samping obat .

Mencegah dan mengobati diare pada anak.

Diare pada anak bisa menyebabkan dehidrasi yang berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi diare pada anak yang tepat. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati sakit diare pada anak yang bisa dilakukan di rumah:


- **Berikan minum secukupnya**. Anak yang diare perlu minum lebih banyak untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Anda bisa memberikan anak oralit, air putih, atau sup encer . Hindari memberikan jus atau minuman bersoda karena bisa memperparah diare.

- **Jangan hentikan pemberian ASI**. Jika anak Anda masih menyusui, terus berikan ASI sesering mungkin. ASI dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh anak, serta meningkatkan daya tahan tubuhnya .

- **Berikan anak makanan yang lembut dan mudah dicerna**. Anda bisa memberikan anak telur, pisang, pasta, sereal, biskuit, kentang, wortel, atau kacang hijau . Hindari memberikan makanan pedas, berlemak, atau berserat tinggi karena bisa memicu diare.

- **Pertimbangkan untuk memberikan probiotik**. Probiotik adalah bakteri baik yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan mikroba usus yang terganggu akibat diare. Anda bisa memberikan anak suplemen probiotik atau makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt .

- **Bawa anak ke dokter jika diare tidak kunjung membaik**. Jika diare pada anak berlangsung lebih dari 3 hari atau disertai dengan gejala lain, seperti demam tinggi, muntah berlebihan, darah atau lendir dalam tinja, atau tanda-tanda dehidrasi (mata cekung, mulut kering, urine sedikit), segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat . Dokter mungkin akan meresepkan antibiotik jika diare disebabkan oleh infeksi bakteri.


Demikianlah beberapa cara mengobati sakit diare pada anak yang bisa Anda lakukan di rumah. Selain itu, Anda juga perlu mencegah diare pada anak dengan cara memastikan kebersihan air dan makanan yang dikonsumsi anak, membiasakan anak mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau setelah buang air besar, serta memberikan ASI dan makanan bergizi untuk meningkatkan imunitasnya.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar